Senin, 25 September 2017 - 5 Muharram 1439 H

Ada Layanan Buku "Diana" di Yogyakarta

Buku Sastra Indonesia. (Antara)
Yogyakarta, (Antara Sumbar) - Perpustakaan Kota Yogyakarta terus meningkatkan layanan perpustakaan digital yang dimiliki, Diana atau "Digital Library untuk Anda" dengan menambah koleksi buku digital yang kini sudah mencapai ribuan judul yang bisa diakses anggota.

"Dengan layanan ini, anggota Perpustakaan Kota Yogyakarta tidak perlu datang ke perpustakaan untuk meminjam buku. Cukup, membuka laman perpustakaan dan membaca buku digital (e-book) yang ada," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Sabtu.

Namun demikian, lanjut Wahyu, syarat utama untuk bisa menikmati layanan Diana adalah dengan terdaftar sebagai anggota perpustakaan terlebih dulu karena untuk mengakses layanan "e-book" harus memasukkan "username" dan "password".

"Ini untuk memastikan bahwa pemustaka yang mengakses layanan ini tercatat dan terekam di sistem kami. Pemustaka bisa membaca secara online" katanya.

Ia menambahkan, buku digital yang tersedia tidak hanya buku fiksi tetapi juga nonfiksi. "Kami akan terus melakukan penambahan judul buku yang dimasukkan dalam layanan Diana," katanya.

Meskipun sudah memiliki layanan Diana, namun Wahyu mengatakan, jumlah pemustaka yang mengakses Perpustakaan Kota Yogyakarta tidak berkurang yaitu sekitar 1.200 hingga 1.400 pemustaka tiap hari.

"Pemustaka itu datang bukan hanya untuk meminjam buku tetapi mereka juga melakukan banyak kegiatan lain misalnya berdiskusi bahkan mengerjakan tugas sekolah secara berkelompok," katanya.

Wahyu menambahkan, pemustaka merasa lebih mudah mengerjakan tugas di perpustakaan karena terdapat beragam buku yang bisa membantu menyelesaikan tugas.

"Layanan internet yang kami sediakan secara gratis pun banyak dimanfaatkan pemustaka untuk mencari berbagai materi secara online," katanya.

Pada pekan depan, lanjut Wahyu, akan digelar Hari Kunjung Perpustakaan. Pemustaka yang berkunjung pada 14 September akan memperoleh layanan istimewa yaitu "welcome drink" bahkan bisa memperoleh "doorprize" menarik. (*)


Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga