Sabtu, 23 September 2017 - 3 Muharram 1439 H

Air Setinggi 60 Centimeter Genangi Padang, Inilah Titik Lokasinya

Ilustrasi banjir (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Banjir melanda sejumlah titik di Kota Padang, Sumatera Barat akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak siang hari
Berdasarkan pantauan pada Sabtu, sejumlah titik jalan utama tergenang banjir setinggi 30 centimeter hingga 60 centimeter akibat tingginya curah hujan di kota itu sejak siang hari.

Genangan itu terjadi di kawasan Pondok, Ranah, Simpang Haru, Ganting, Lubuk Lintah, Andalas, Sawahan, Siteba, Lubuk Begalung, Khatib Sulaiman, Bagindo Aziz Cha dan kawasan lainnya.

"Hujan yang terjadi baru beberapa jam, sudah mengakibatkan genangan air dimana-mana," kata salah seorang warga yang melintas di kawasan Lubuk Lintah, Padang Sonia.

Ia mengatakan, buruknya drainase atau saluran air di daerah itu menjadi salah satu penyebab banjir di beberapa lokasi.

"Saya harus berputar agar bisa melewati kawasan yang tidak digenangi air," katanya.

Karena, ujarnya jika terus menerobos banjir tersebut maka akan mengakibatkan kendaraan mogok.

Ia mengharapkan perhatian yang serius dari pemerintah terhadap persoalan banjir yang terjadi, setiap kali hujan melanda daerah itu.

Sementara itu, warga lainnya, Azhari mengatakan genangan air audah mulai memasuki kedai warga di kawasan Lubuk Begalung.

Oleh karena itu, Ia meminta agar pemerintah dapat memperbaiki sistem drainase di Kota Padang, agar tidak selalu terjadi banjir ketika hujan.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping telah mengeluarkan peringatan dini cuaca Sumbar yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang dapat disertai petir pada pukul 12.20 WIB di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai khususnya Siberut ,Pasaman Barat meliputi Pasaman,Ranah Pasisie,Luhak nan duo, Padang Pariaman di Gasan,Kampung Dalam,Sei Geringging dan Sungai Sarik.

Kemudian di Padang antara lain Padang Selatan,Padang Barat,Lubuk KIlangan,Padang Timur,Nanggalo,Pauh V,Solok,

Hujan dapat meluas ke wilayah Agam,Padang Panjang dan sekitarnya yang diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB, kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiaji. (*)


Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga