Senin, 25 September 2017 - 5 Muharram 1439 H

Puskesmas Kajai Pasaman Barat Data Keluarga Sehat di Empat Kejorongan

Salah seorang petugas kesehatan Puskesmas Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat melakukan pendataan atau pengisian kuisioner masalah kesehatan kepada salah seorang warga Kajai, Selasa (12/9). (Antara Sumbar/Altas Maulana)
Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Puskesmas Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pendataan keluarga sehat di empat kejorongan di daerah itu.

"Benar, hari ini kegiatannya kita mulai untuk melakukan pendataan. Direncanakan pendataan akan kita mulai satu bulan ini," kata Kepala Puskesmas Kajai, AA. Talami di Kajai, Selasa.

Ia mengatakan keempat Kejorongan itu diperkirakan ada sekitar 1.500 kepala keluarga yakni di Kejorogan Tanjung Beruang, Kejorongan Rimbo Batu, Kejorongan Pasa Lamo dan Kejorongan Kampung Alang.

"Hari ini kita memulai pendataan di Jorong Tanjung Beruang. Mudah-mudahan kegiatan ini didukung penuh oleh masyarakat dalam rangka mencari informasi kesehatan masyarakat. Artinya kita langsung turun kebawah atau jemput bola," katanya.

Ia menyebutkan dengan adanya kegiatan pendataan ini banyak manfaat yang bisa diambil. Diantaranya pihaknya mengetahui berapa jumlah kepala keluarga yang sudah memiliki kartu BPJS dan mengetahui info kesehatan lainnya.

Menurutnya untuk memudahkan pendataan yang dilakukan maka pihaknya membuat denah atau skema wilayah masing-masing kejorongan untuk memudahkan petuugas melakukan pendataan.

"Sejauh ini masyarakat yang ditemui cukup kooperatif menerima petugas yang mendata. Tentunya kita juga berkoordinasi dengan aparatur nagari atau kepala jorong untuk mempermudah pendataan ini," ujarnya.

Pihaknya juga mengharapkan kepada Pemkab Pasaman Barat ada penambahan mobil ambulan untuk Puskesmas Kajai.

Menurutnya kendaraan yang ada saat ini hanya mobil jsnia L300 yang dikeluarkan pada tahun 2007.

Sementara rute kendaraan di daerah itu cukup sulit dan berat. Seperti daerah Tinggam Kajai, Kasiak Putih, Timbo Abu dan Mudik Simpang yang akses jalan masih parah.

"Puskesmas Kajai juga melayani pasien 24 jam memiliki ruang UGD, dengan fasilitas satu buah dan dua buah tempat tidur dipinjam masyarakat setempat," katanya.

Saat ini Puskesmas Kajai memiliki dokter satu orang merangkap menjadi pimpinan pukesmas, dokter gigi satu orang, perawat satu orang, bidan tiga orang, analis satu orang, tenaga gizi satu orang, kepala tata usaha satu orang, tenaga kontrak 15 orang dan bidan korong 10 orang.

"Tentunya untuk meningkatkan pelayanan yang maksimal kita butuh tambahan tenaga medis dan fasilitas lainnya," harapnya. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga